Hal Yang Perlu Diketahui Oleh Mac User pemula atau Newbie

http://gratisan-pol.blogspot.com/2016/03/hal-yang-perlu-diketahui-oleh-mac-user.html
Posting ini dibuat khusus untuk para newbie yang baru saja menggunakan MacOSX dan ingin menggunakan MacOSX seperti OS primary-nya. Hal Yang Perlu Diketahui Oleh Mac User pemula atau Newbie Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika kita baru saja menggunakan MacOSX terutama bagi user yang terbiasa menggunakan sistem operasi Wind*ws.

1. Masalah Tombol Penting!
Ada perbedaan tombol yang paling mendasar. Keyboard Mac Asli menggunakan tombol "commad", "ctrl", dan "option". Tombol "option" itu sama dengan tombol "alt" di keyboard generik dan tombol "command" sama dengan tombol "win". Kalau di wind*ws, tombol "ctrl" penting untuk pengaksesan cepat, tapi beda di Mac. Di Mac, tombol "command" lah yang paling penting untuk pengaksesan cepat! Jadi kadang bingung karena kebiasaan kita menekan tombol "ctrl" yang berada di sisi ujung kiri bawah keyboard. Jadi solusinya, kita tukar saja fungsung tombol ctrl dan tombol command. Caranya : bisa lihat disini Cara Remap Keyboard Hackintosh Agar Sama Seperti Mac Os
2. Mana Cut nya?
Cara pemindahan file (cut) di mac agak sedikit berbeda. TIdak seperti di wind*ws, kita bisa menekan CTRL X kemudian dipaste dengan menekan CTRL V. Di Mac, kita menekan Command C, kemudian hasil pastenya yang memutuskan, apakah kita akan melakukan copy atau cut. Ketika mau melakukan copy file, pastenya dengan menekan Command V, tetapi mau melakukan cut (Mac menggunakan istilah move/pemindahan file), pastenya dengan menekan Command + Ctrl + V

3. Ganti nama file bukan F2!
Mengganti nama file di mac bukan F2 seperti di Wind*ws, melainkan menekan tombol Enter (di Mac dikenal tombol Return). Untuk membuka/mengeksekusi file/folder di wind*ws kita menekan tombol Enter, tapi kalau di Mac, gunakan tombol Command + O.

4. Close (X) buka berarti menutup aplikasi
Kadang saya bingung, kok iTunes saya klik close tapi musiknya tetap berjalan? Ya! close aplikasi di mac bukan berarti menutup/memberhentikan aplikasi yang berjalan, tetapi hanyalah menutup windownya saja. Cara memberhentikan aplikasinya cukup menekan tombol Command Q, kecuali menutup window Finder, tekan Command W.

5. Kok udah di klik Maximize (perbesar window (+)) nggak bisa?
Yang paling mengesalkan kalau ingin memperbesar window, tapi window nya tak kunjung besar. Hehe.. Perbesar window di mac (tombol ketika, warna hijau di ujung kiri atas) hanyalah untuk memperbesar area penting saja, bukan full screen. Cara untuk full screen di mac dengan menekan tombol panah diagonal yang ada di ujung kanan window.

Ada lagi gak yah? nanti yah diupdate atau ada yang mau update silahkan berikan komentar. Setelah mengetahui hal paling mendasar atau perbedaaan antara mac dan windows selanjutnya gue akan bahas tentang Aplikasi Yang layak di instal di Mac Os. " Ini Dia Aplikasi Yang Layak Di install untuk User atau pengguna Macbook Baru "

Ini Dia Cara Membuat Apple Id Tanpa Kartu Kredit  
Writer by me
Silahkan Memberi Komentar :)

0 Response to "Hal Yang Perlu Diketahui Oleh Mac User pemula atau Newbie"

Post a Comment